Kamis, 08 Desember 2011

////

Jangan terlalu bergantung pada obat kimia

Kelebihan yang di miliki obat herbal :

a. Tidak ada efek samping pada dosis normal.
Hal ini terjadi karena obat herbal tersusun oleh bahan-bahan organik yang kompleks. dengan kata lain obat herbal dapat anggap sebagai makanan yang berarti bahan yang di konsumsi guna memperbaiki organ atau sistem yang rusak. kelebihan obat herbal yang di gunakan tentu menyebabkan efek samping seperti halnya kelebihan makanan. sebagai hasilnya, sebagai kuncinya, dosis yang di anjurkan untuk penggunaan herbal adalah dosis tradisional dan sedikit dikurangkan.



b. Efektif, bahkan untukpenyakit yang sulit diobati secara medis.
Berdasarkan pengalaman turun-temurun yang tertulis mau pun lisan, dan kemudian di pelajari dari berbagai aspek seperti botani, kimia dan farmakologi. pendekatan dalam penggunaan herbal di tekankan pada aspek farmakologi yang merupakan fungsi herbal tersebut dalam proses pengobatan.

c. Harga murah dan dapat di tanam sendiri.
Terutama jika kita dapat menanam sendiri dengan membuat tanaman obat keluarga (TOGA) yang meliputi tanaman untuk pengobatan dan pemeliharaan kesehatan.harga akan meningkat jika obat herbal itu di peroleh dalam bentuk simplisia yang di keringkan, akan meningkat lagi jika di konsumsi dalam bentuk teh atau kapsul. bahkan akan menjadi cukup tinggi jika dalam bentuk ekstrak.

d. Aplikasinya lebih sederhana.
Jika diagnosa sudah jelas maka pengobatan dapat dilakukan di rumah dengan bantuan anggota keluarga yang lain. bantuan dokter dibutuhkan untuk diagnosis yang benar berdasarkan data laboraturium, rekomendasi terapi dapat di berikan oleh dokter yang juga herbalis, tetapi perawatannya bisa di rumah oleh anggota keluarga.


Kelemahan obat-obatan kimiawi.
a. Efek samping. Terdapat efek samping dari obat kimia yang bisa berupa efek samping langsung  maupun tidak langsung atau terakumulasi. hal ini terjadi karena bahan kimia bersifat anorganik dan murni sementara tubuh bersifat organik dan kompleks, maka bahan kimia bukan bahan yang benar-benar cocok untuk tubuh. penggunaan bahan kimia pada tubuh dianggap sebagai sesuatu yang tidak terhindarkan dan digunakan secara terbatas yang dapat diterima dan ditoleransi oleh tubuh.

b. Sering kurang efektif untuk penyakit tertentu. Beberapa penyakit memang belum ada obatnya, obat yang ada hanya bersifat simptomatik dan harus diminum seumur hidup. beberapa penyakit belum di ketahui penyebabnya, banyak pasien secara rutin pergi kedokter tanpa perbaikan yang signifikan bahkan semakin buruk keadaannya.

c. Harga yang mahal karena faktor impor.
Hampir semua obat kimia yang kita gunakan berasal dari luar, hal ini terjadi karena untuk menghasilkan obat kita membutuhkan teknologi tinggi, biasa investasi yang tinggi dan waktu penelitian yang lama, alasan lain dari impor obat adalah perlunya kepercayaan atas produsen obat. bahan mahal yang di impor terdiri dari obat jadi, bahan baku obat, bahan pengemas obat, teknologi, peralatan dan mesin, tenaga ahli dan tenaga terampil. tingginya harga terjadi karena impor menggunakan mata uang asing yang berfluktuasi sesuai kurs dan juga membuat ketersediaan tidak menentu.



YANG LEBIH JELAS LAGI :

Obat Kimiawi:

1.Lebih diarahkan untuk menghilangkan gejala-gejalanya saja.
2.Bersifat sympthomatis yang hanya untuk mengurangi penderitaannya saja.
3.Bersifat paliatif artinya penyembuhan yang bersifat spekulatif, bila tepat penyakit akan sembuh, bila tidak endapan obat akan menjadi racun yang berbahaya.
4.Lebih di utamakan untuk penyakit-penyakit yang sifatnya akut (butuh pertolongan segera) seperti asam akut, diare akut, patah tulang, infeksi akut dan lain lain.
5. Reaksi cepat, namun bersifat destruktif artinya melemahkan organ tubuh lain, terutama jika dipakai terus menerus dalam jangka waktu lama.
6. Epek samping yang bisa ditimbulkan iritasi lambung dan hati, kerusakan ginjal, mengakibatkan lemak darah.
7. Reaksi terhadap tubuh cepat.

Obat Herbal:
1. Diarahkan pada sumber penyebab penyakit dan perbaikan fungsi serta organ-organ yang rusak.
2.Bersifat rekonstruktif atau memperbaiki organ dan membangun kembali organ-organ jaringan atau sel-sel rusak.
3. Bersifat kuratif artinya benar-benar menyembuhkan karena pengobatannya pada sumber penyebab penyakit.
4. Lebih di utamakan untuk mencegah penyakit, pemulihan penyakit-penyakit komplikasi menahun, serta penyakit yang memerlukan pengobatan lama.
5. Reaksi lambat tetapi bersifat konstruktif atau memperbaiki dan membangun kembali organ-organ rusak.
6. Efek samping hampir tidak ada, asalkan diramu oleh herbalis yang ahli dan berpengalaman.

sumber:  Muh. nurchan

semoga catatan ini bermanfaat...

29 Reactions to this post

Add Comment
  1. WAYAN GERDIAN mengatakan... 8 Desember 2011 22.13

    obat Herbal memang mantaps, lebih aman ..
    :D

  2. Bangjal Dua Tiga mengatakan... 9 Desember 2011 03.41

    hehe, atas ane [si wayan] suka minum obta herbal ya..wkwkw.

  3. nini Bawel mengatakan... 9 Desember 2011 08.53

    @Wayan.. yups bener bangt,
    @Bangjal... emang bangjal ngga suka obat herbal ia?

  4. Sakahayang Kang Asep mengatakan... 9 Desember 2011 15.46

    Tuhan memang Maha Pengasih,,, semua tersedia di alam kita ,,, tinggal ada kemauan apa tidak untuk memanfaatkannya ,,,,

  5. weblog ask..? mengatakan... 10 Desember 2011 08.11

    tengkyu informasinya..kirain td iklan paid to review..mpir lupa (ikut2an jd pelupa..) slm buat teman disini, cuma saran ya..jgn ikuti Nini Pelupa, ntar ketularan ky saya jg suka lupa

  6. copas 4 islam mengatakan... 10 Desember 2011 09.55

    Herbal emang lebih better,, hehehe Tampilanya sepertinya ganti ya?? SITTI sudah di sundul

  7. Herry mengatakan... 10 Desember 2011 12.54

    Memang obat kimia itu kebanyakan juga ngambilnya dari bahan2 alami juga..
    Salam kenal ya nini :)

  8. Bonsai Teknologi mengatakan... 11 Desember 2011 08.17

    ribet bacanya teh.. bacain dong teteh kuuuu :* hahahahaha

  9. nini Bawel mengatakan... 11 Desember 2011 11.22

    @kang asep.. ia asal kita trampil dan ngerti memanfaatkannya :)

    @ask.. emang penyakit menular ia klo pelupa?? itumah emang agan nya aja yg pelupa sam,a kaya ane :P hahahhah
    jangan mengkambing putihkan saya dongs :D

    @copas.. thanks atas kunjungan nya :)
    @Herry.. :) begitu ia, salam kenal juga herry
    @uda heru.. ribet ia, seribet saya melihat mu :P huahahahhahha

  10. Rohis Facebook mengatakan... 11 Desember 2011 13.39

    betul sekali infox...

    kebetulan dekat rumah ada sekolah SMF (anak2 peracik obat) mereka mengatakan obat kimia i2 gk baik, merekax aja ngaku aneh yaa.., hehehe

  11. luka diabetes mengatakan... 12 Desember 2011 08.35

    betul sekali...pake obat herbal nya nini...hihih
    salam kenal nini gaol :P

  12. NgeCis mengatakan... 12 Desember 2011 10.53

    tidak makan obat kecuali bener sakitnya menyiksa gan...

  13. arie5758 mengatakan... 13 Desember 2011 15.17

    betul sekali artikel diatas, obat herbal memang lebih aman untuk dikonsumsi khususnya jika dalam waktu yang lama. hanya saja jika tidak punya kemampuan, mending tidak meracik sendiri. krn kesalahan racikan bisa menimpulkan efek tersendiri tergantung dari daya tubuh yang mengkonsumsi

  14. Obat Keputihan mengatakan... 14 Desember 2011 08.32

    kita sadar kalo obat kimiawi kurang baik, tp kadang perlu yang reaksi cepat dan instan.

  15. adi pradana | info kesehatan kita mengatakan... 17 Desember 2011 01.06

    obat adalah salah satu cara penyembuhan penyakit, namun jadilah pasien cerdas dengan membaca label obat. baik itu yg kimia maupun herbal. salam kenal

  16. Info Kesehatan mengatakan... 25 Januari 2012 14.08

    Postingannya menarik... salam kenal ya? newbie neh..

  17. jus kulit manggis mengatakan... 4 April 2012 22.04

    jangan tergantung dengan obat kimia, beralihlah ke pengobatan herbal sekarnag juga.

  18. jus xamthone plus mengatakan... 4 April 2012 22.05

    obat kimia itu bisa menyebabkan gangguan ginjal..

  19. xamthone plus mengatakan... 7 April 2012 23.28

    sip ,,thanks infonya ..

  20. Bagi mengatakan... 26 April 2012 22.03

    Betul betul, obat alami is the best deh..

  21. obat alami kanker serviks mengatakan... 12 Juni 2012 17.36

    yap bener bagt jangan sampai bergantung pada obat kimia,,
    obat alami paling bagus untuk kesehatan tubuh .

    mampir yah :)

  22. obat penyakit kanker serviks mengatakan... 11 Juli 2012 17.14

    makasih gan atas infonya

  23. pengobatan kelenjar getah bening mengatakan... 11 Agustus 2012 15.56

    info yang sangat menarik ,,makasi yah..

  24. kista ovarium mengatakan... 12 September 2012 20.46

    makasih infonya..
    kunjungi balik ya..

  25. jelly gamat luxor mengatakan... 15 Oktober 2012 10.46

    iya benar juga, hidup mandiri itu enak

  26. Obat gamat mengatakan... 2 April 2013 11.06

    Makasih yah info nya... :)

  27. Zaki Herbal mengatakan... 3 April 2013 14.59

    makasih ya sob :)

  28. Hanyakawan mengatakan... 15 Mei 2013 13.21

    emank udah terbukti kok...

  29. Pengobatan Kanker Payudara mengatakan... 15 Juli 2013 10.14

    Lebih bermanfaat obat herbal donk, hehehe

Poskan Komentar

monggo di comennt