Selasa, 01 November 2011

////

Insomnia

Sekalinya begadang...  kebiasaan buruk itu akan terus terulang tanpa kita sadari,
Insomnia dapat di artikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak.
rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia...

Meskipun ada banyak hal yang berbeda yang dapat menyebab kan insomnia,
sepuluh penyebab umum adalah sebagai berikut...

1. pola tidur yang tidak konsisten. untuk kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pergi tidur dan
bangun pada kira² waktu yang sama setiap hari, banyak orang memiliki kecenderungan untuk terjaga sampai sangat larut dan bangun sangat terlambat pada hari² mereka libur, ini yang mengganggu pola tidur  yang normal.

2. makanan makanan berat terlalu dekat dengan waktu tidur. tubuh kita membutuhkan waktu untuk menyelesaikan proses pencernaan, dan jika makan malam kita terlalu dekat dengan waktu tidur, kita akan mengalami kesulitan tidur, sementara jadwal kerja kadang-kadang dapat mempengaruhi proses ini, terutama mereka yang bekerja baik full-time dan bekerja paruh-waktu tanpa istirahat,

3. tidur lapar. ini adalah sesuatu yang banyak orang lakukan, terutama ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan,

4. menunggu selelah mungkin baru tidur. meskipun kelihatannya masuk akal untuk menunggu sampai kita lelah untuk pergi tidur, kita tidak sabar untuk menunggu kita benar- benar capek atau kita akan mengalami kesulitan tidur,

5.terlalu banyak tidur. hal klasik ini bisa dilihat jika anak² suka tidur siang hari, malam harinya kebanyakan susah tidur. hal tersebut juga bisa terjadi pada orang dewasa,  tubuh kita memerlukan waktu tertentu untuk beristirahat. jika terlalu lama kita dalam kondisi istirahat, lecutan syaraf untuk memulai implus, syaraf juga lambat reaksi, sehingga otot juga lama reaksinya terhadaf aktifitas motorik. hal itu bisa menjelaskan kenapa jika orang kebanyakan tidur malah malas²an, saat malam mereka baru "panas mesinnya" sehingga justru ingin beraktipitas.

6. meroko. Nicotine pada rokok adalah substansi yang bertanggung jawab terjadinya insomnia pada beberapa perokok. Nikotin merangsang jantung berdetak lebih cepat. Nadi lebih kencang, karena aliran darah ke otak juga terisi lebih cepat. Rasa lelah/kantuk hilang. Dan tubuh menganggap dirinya masi terjaga/bekerja.

7. Berlebihan kafein.  konsumsi kafein telah dikaitkan dengan gangguan tidur, termasuk insomnia, karena efek fisiologis saja. Meskipun insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor lain seperti masalah kejiwaan,, stres obat-obatan atau alkohol, kurang olahraga, kebisingan yang berlebihan atau cahaya, dan penyakit fisik tertentu, telah ditemukan bahwa konsumsi kafein adalah penyebab paling umum dari gangguan tidur.

8. Suhu ruangan/badan terlalu panas atau terlalu dingin . Suhu tubuh bervariasi antara individu antara 97,2 - 100F (36.2-37.8C). Lingkungan, apa yang kita makan, bagaimana kita merasa dan seberapa aktif kita semua faktor yang juga mempengaruhi tidur kita. Ada perubahan suhu tubuh pada siang hari dengan suhu terendah di pagi hari.
Hipotalamus di otak mengatur suhu tubuh dan darah dikirim ke kulit dan tubuh berkeringat ketika terlalu panas. Menjadi terlalu panas atau terlalu dingin pada malam hari akan merangsang otak, sehingga masuk akal untuk mencoba dan mengatur suhu badan untuk tidur nyenyak di malam hari.

9. Ketidakmampuan untuk bersantai setelah pergi ke tempat tidur. banyak orang membawa masalah pekerjaan, atau masalah keseharian ketika kita beranjak tidur. Problematika hidup, susah senang, masa depan dan penyesalan sering dibawa ke tempat tidur. Hal ini akan mempersulit tubuh merasakan rileks dan memulai untuk tidur nyaman. Sebaiknya kita melupakan masalah hidup kita sejenak agar tidur bisa cepat dimulai.

10. Kurangnya latihan. Walaupun kita tidak ingin melakukan terlalu banyak dekat dengan waktu tidur, sedikit latihan ringan dapat aktual bersantai kita dan membantu kita tertidur. kita hanya mengambil sepuluh atau lima belas menit berjalan di luar.

8 Reactions to this post

Add Comment
  1. DESA CILEMBU mengatakan... 1 November 2011 15.30

    tips seperti ini yag lama dicari, sudah bertahun lamanya tidur selalu menjelang pagi, berbagai upaya sudah dicoba, smoga bisa mencoba menerapkan share dari nini.
    dikomen juga yah blog ku..ups mau lupa follow di 118 ni...tuh yang kaos kuning sambil angkat ubi cilembu

  2. Edy Sant mengatakan... 1 November 2011 21.13

    wahh klo nini iwes lagi begadang message fb ane donk sist :hammer

  3. (Aku Bukan) Bang Thoyib mengatakan... 1 November 2011 21.20

    Insomnia..???
    Aq Bangeeettttzzz
    Penyebabnya...?
    blogging sambil comot yg no.6 tuch.. hehehehe
    thanks good artikelnya..
    happy Blogging

  4. Tips Kesehatan mengatakan... 1 November 2011 21.21

    Saya kalau ada bantal dan guling bisa langsung tidur..heheeee

  5. ch000tz axoera mengatakan... 2 November 2011 08.33

    Minum susu sebelum tidur bisa membantu :D

  6. nini Bawel mengatakan... 2 November 2011 21.13

    @Desa Cilembu : wkwkwk intinya agan minta follow ia ckckck, dah saya follow kk :P :P

    @Edy : seep tar ta message :D

    @Bang toyib : wkwkwkwk selamat ber blogging ria ia gan, good job lah pokonamah

    @ kesehatan : asal jangan tidur di tengah jalan aja ia gan wkkwkwkw

    @axoera : mau dong mimi cucu nya bruakakkakakak

  7. Oemar mengatakan... 18 November 2011 20.01

    setuju sist nini, dulu waktu ane masih jaga warnet sering banget insomnia padahal lagi off ga jaga. karna ga bisa tdur2 juga. akhirnya malemnya maen ke warnet juga.

    tpi skarang, alhamdulillah udh bisa ubah pola tdur, walau terkadang klo skalinya ngenet malah begadang. hehe

    thanks and nice share sist :D

  8. nini Bawel mengatakan... 19 November 2011 16.34

    @Oemar.. lha emang skr d mna ??

Poskan Komentar

monggo di comennt